Sabtu, 26 Desember 2009

Cina Buat Kereta Api Tercepat di Dunia

BEIJING - China mengklaim telah berhasil membangun kereta api tercepat di dunia. Kereta ini diklaim mampu menempuh kecepatan rata-rata hingga 350 kilometer per jam.

Kereta super cepat ini mampu memperpendek waktu tempuh dari kota Guangzhou dan Wuhan yang sebelumnya ditempuh selama lebih 7,5 jam, menjadi hanya tiga jam atau setengah dari waktu tempuh normal. Jarak antara Guangzhou dan Wuhan sendiri sejauh 1.069 Kilometer.

"Kereta api ini mampu menempuh kecepatan ini hingga 394,2 Kilometer per Jam, menjadikannya sebagai kereta tercepat di dunia." ucap Kepala Biro Transportasi China, Zhang Shuguang, seperti dikutip Xin Hua, Sabtu (26/12/2009).

Proyek yang dimulai pada 2005 ini, merupakan dari program pemerintah China untuk mengembangkan jaringan transportasi cepat yang menghubungkan Guangzho dengan Ibukota China, Beijing. Sementara uji coba dari kereta ini dimulai pada awal Desember, sedangkan perjalanan pertama dijadwalkan berlansung dari Wuhan pada hari Sabtu ini.

Sebagai perbandingan, rata-rata kecepatan kereta api Jepang, Shinkansen mampu menempuh kecepatan 243 Kilometer per jam. Sementara di Prancis kecepatan kereta api TGV milik mereka mampu menempuh kecepatan hingga 277 Kilometer per jam. (faj)
(rhs)

Sumber Artikel : http://www.okezone.com/

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Cina Buat Kereta Api Tercepat di Dunia"

Posting Komentar